MOJOKERTO-GEMA MEDIA :Ragam inovasi yang muncul di masyarakat Kelurahan Mentikan Kecamatan Prajuritkulon Kota Mojokerto.
Bank Sampah Kampung Cyber mengelola sampah berbasis teknologi informasi. Moch. Subecha ketua Bank Sampah ini menututurkan tujuan terbentuknya Bank Sampah di Kelurahan Mentikan ini adalah untuk memberi bekal kepada masyarakat agar mencintai lingkungan sekitarnya. Menggugah kasadaran masyarakat untuk membangun sikap dan perilaku dalam memanfaatkan limbah yang tidak bernilai ekonnomi menjadi lebih bermanfaat bagi warga dan lingkungannya.

Nama cyber menurut Subecha, dikandung maksud harapan kedepan bank sampah kampung cyber akan berjalan dengan sistem berbasis internet (IT ) , sehingga manfaat lebih luas lagi, seperti dapat mengakses akun dari PC, HP,dan manfaat lainnnya. “Saat ini kami sedangkan mengembangkan sistem untuk infrastruktur internet yang tersambung di wilayah RT 02 RW I Lingkungan Cakarayam, juga software aplikasi bank sampah berbasis web. “ jelas Subecha.

Bentuk pengelolaan Bank Sampah cyber kali ini satu-satunya di Kota Mojokerto, tentu dapat dicontoh oleh bank-bank yang sama. Saat ini sudah memiliki nasabah sebanyak 50 orang. Jadwal layanan penimbangan 2 minggu sekali dengan susunan pengurus ketua Moch. Subecha, sekretaris Lidya Okta, Bendahara Anik Juniarsi, bidang administrasi dan Pencatatan Suciwati , Pengelolaan Operasional Nuris, sedangkan Humas dan pemasaran dipercayakan padaTarsih.

Sebagai lembaga swasaya masyarakat yang profesional, bank sampah cyber telah memiliki manajemen yang jelas. Visinya adalah Menciptakan lingkungan bersih, sehat dan indah bebas sampah serta meningkatkan nilai ekonomi sampah bagi masyarakat. Untuk mewujudkan visi tersebut dengan misi Meningkatkan peran serta masyarakat untuk peduli sampah dan lingkungan hidup. Meningkatkan pendapatan masyarakat melalui melalui sampah.

Hal yang sangat membanggakan adalah adanya dukungan masyarakat sekitar dengan aktif menyetorkan sampahnya ke Bank sampah saat jadwal penimbangan. Selain mengelola sampah, warga setempat juga sedang menyiapkan penataan lingkungan, kata Luki fasilitator Bank Sampah wilayah Kelurahan Mentikan. (ri)

 Sumber : Diskominfo Kota Mojokerto